Rabu, 15 Maret 2023

DIGITALISASI PENILAIAN PAUD KURIKULUM MERDEKA

Pembelajaran Anak Usia Dini (PAUD) hendaknya berfokus pada stimulasi berbagai aspek perkembangan agar mereka tumbuh dan berkembang dengan optimal. Oleh karena itu pembelajaran harus mengacu pada “capaian pembelajaran”.

Capaian pembelajaran akan memberikan arah yang sesuai dengan usia perkembangan anak pada semua aspek perkembangan yang ingin dikembangkan. Adapun lingkup capaian pembelajaran kurikulum merdeka di satuan PAUD sesuai dengan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/Kr/2022 Tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka yaitu:

  1. Nilai agama dan budi pekerti, yang mencakup kemampuan dasar-dasar agama dan akhlak mulia.
  2. Jati diri, mencakup pengenalan jati diri anak Indonesia yang sehat secara emosi dan sosial dan berlandaskan Pancasila, serta memiliki kemandirian fisik.
  3. Dasar-dasar Literasi, Matematika, Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Seni yang mencakup kemampuan memahami berbagai informasi dan berkomunikasi serta berpartisipasi dalam kegiatan pramembaca.
    Setiap elemen stimulasi harus digunakan sebagai dasar untuk mengeksplorasi aspek perkembangan anak secara keseluruhan, bukan secara terpisah.

Demikianlah tiga lingkup capaian pembelajaran anak usia dini pada kurikulum merdeka yang dapat diterapkan. dari Lingkup tersebut dijabarkan dengan elemen-elemen yang selanjutnya bisa digunakan untuk PAUD kita. Untuk mencapai capaian pembelajaran ini diberikan kebebasan untuk menentukan pembelajaran yang sesuai dengan kharakteristik lingkungan satuan PAUD masing-masing. 

Materi Diklat :

  1. Prinsip, Ruang Lingkup, Jenis Penilaian Kurikulum Merdeka di PAUD
  2. Pengenalan Akun belajar.id, Google Sheet, dan Google Form
  3. Membuat Penilaian Ceklis secara Digital
  4. Membuat Penilaian Anekdot secara Digital
  5. Membuat Penilaian Hasil Karya secara Digital
  6. Membuat Penilaian Foto Berseri secara Digital
  7. Link Penilaian dan Penggunaan di Gawai pintar
Salam Sinergi dan Kolaborasi











Untuk Undangan Peserta bisa didownload disini
Untuk Sertifikat 8 Jpl klik disini
Untuk Sertifikat 32 JPL klik Download

6 komentar:

  1. Alhamdulillah sertifikat sudah saya terima, terima kasih banyak untuk ilmu yang sangat luar biasa.,kami menunggu ilmu yang lainnya....🙏

    BalasHapus
  2. Terima kasih, materi yang sangat bagus, ditunggu untuk seri berikutnya...

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah sertifikat sudah sy terima,matur nuwun atas ilmunya, ditunggu lanjutan yg lainnya pak...

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah ,bisa sunau bareng mengenai asesmen ,terimakasih ilmunya pak
    Semoga bisa mengikuti diklat selanjutnya

    BalasHapus